Copyright © Ria Tuing
Design by Dzignine
Selasa, 13 Maret 2012

penipu identitas


ini tentang sebuah pertikaian antara seorang gadis ababil yang terkesan sangat katrok dan tidak tahu apa-apa mengenai cinta. gadis bernama Soledad. yah, orang tuanya memberi nama itu karena sangat mengagumi sebuah telenovela yang sering diputar di tv kesayangan kita bersama, sebuah chanel tv swasta di bilangan jakarta.

soledad mengawali harinya dengan berjalan kaki dari kos-kosan yang terletak di persimpangan warteg ayu menuju ke kampusnya, universitas gajah duduk. soledad mengenyam pendidikan psikologi. letak kos-kosan ke kampusnya, lumayan cukup untuk menguras keringat. berjarak 3km. karena soledad tidak bisa mengendarai motor, alhasil dia selalu berjalan kaki ke kampusnya. yah.. itung-itung membakar kalori.. mengingat tubuhnya yang sedikit subur dibanding dengan tubuh model yang sering bersilewaran menjadi figuran di ftv kebanyakan.

sekarang ini, facebook menjadi trend masakini dikalangan mahasiswa seperti soledad. tak mau kalah, soledad pun ikut-ikutan bikin facebook seperti anak gaul yang ada dikelas psikologinya. y, sejujurnya soledad ingin menjadi anak gaul seperti teman-temannya.. tapi apadaya, fisiknya kurang menunjang untuk menjadi anak gaul.
dengan nama yang dibuat seunik mungkin, soledad mengisi username facebooknya dengan nama " soLEDad ChaYanK CemUa". bagi soledad, ini nama sangatlah unyu , dibanding teman-temannya yang memakai username dengan nama asli mereka. soledad memang berbeda dari mahasiswa kebanyakan. istilah telat gaul, menyandangnya sebagai pengingat teman psikologinya bahwa itulah "asli" dari soledad.

berawal dari facebook barunya.. tak jarang, bila ada seseorang tak dikenal menge-add as friend akun facebooknya. dengan lugunya, dia menanggapi seseorang yang tak dikenal itu. di akun asing tersebut, seseorang itu memakai nama username "Patrick Arian Nugraha" . soledad berpikir, dilihat dari namanya, pasti orang asing ini sangatlah keren ! dan setelah ditilik dan selidiki infonya, orang asing yang bernama patrick ini bersekolah di universitas indonesia, yang terkenal itulooh !

soledad semakin berdecak kagum ketika mendapati patrick di album fotonya yang sangat mempesona. kalau dilihat dari foto-fotonya, patrick ini sebelas duabelas-lah sama mario maurer , pikir soledad.

setelah perkenalan di facebook itu, soledad jadi sangat rajin untuk membuka akun facebooknya. setiap detik, menit.. bahkan soledad sudah keranjingan sama facebook. eh bukan karena facebooknya ndeng, tapi karena orang asing-lah yang mampu mencuri perhatiannya.. yaitu Patrick.
patrick selalu membuat soledad tersenyum dan kecanduan untuk membuka facebooknya. soledad selalu membuka profil dari patrick, serta senyum-senyum sendiri ketika mendapati status-status patrick yang menurut soledad, sangatlah unik.
"apakah patrick merasakan hal yang sama dengan soledad?" pikir soledad ketika menatap foto profil patrick. dengan kacamata hitam membingkai matanya, dan ham putih yang dengan damai membungkus tubuhnya.. patrick bergaya sangat cool di foto profil tersebut.

tiap patrick bikin status, soledad pasti mengomentarinya!

status patrick "duuh.. pusing, kerjaan banyak.. ampun deh!"
kemudian , soledad dengan sigap langsung mengomentari " semangat ya qaqa.. kamu pasti bisa menyelesaikannya!"
 tak lama kemudian patrick langsung membalas "iya cantik.. qaqa selalu semangat kok, doain ya ^^"

mendapati komentar patrick itu, pipi soledad langsun bersemu merah.entah apa yang membuatnya menjadi sedemikian rupa. entahlah.. ini perasaan mengalir begitu saja, tak ada paksaan.

memang, soledad belum pernah bertemu langsung dengan patrick. tapi, karena foto-foto patrick yang mempesona.. soledad jadi yakin, dialah pengeran yang selama ini ia cari. ditambah lagi dengan perhatian yang berlebihan dari patrick terhadapnya. misalnya aja, di status soledad,, patrick tak pernah absen untuk selalu mengomentarinya. dengan sedikit bumbu pemberi semangat. begtu pula dengan soledad, selaluuu mengomentari status patrick !

tak jarang mereka sering chattingan, perhatian-perhatian yang ditunjukan patrick, membuat soledad ingin mengenalnya lebih jauh.
suatu ketika ditengan perbincangan di chatbox..

patrick: udah makan?
soledad: belum. kamu?
patrick: kenapa belum, makan dong , ntar sakit looh.. aku udah dong. aku kan gak mau sakit..
soledad: iya qaqa.. ntar deh sole makan :)
patrick : sepertinya aku udah nyaman sama kamu..

hah ? soledad terbengong mendapati kata patrcik seperti itu. nyaman ? apa itu maksudnyaa..? soledad.. ada yang nyaman dengan soledad? soledad yang selama ini dikucilkan karena sikapnya yang aneh, tak sesuai dengan pergaulan jaman sekarang? ada yang nyaman..? soledad rasanya ingin menjedotkan kepala ketembok.. supaya dia mengetahui apakah ia mimpi atau sudah terbangun dari tidur panjangnya..

patrick : kok diem? boleh minta nomor hape kamu?

dengan semangat 45 , soledad langsung mengetikkan nomor hapenya. tak pernah sekalipun seorang cowok yang sangat tampan (ini menurut soledad) mengatakan "nyaman" bersamanya.

dari koment-komenan.. beranjak ke sms-an.
patrick selalu sms soledad 3x sehari. ya.. seperti meminum obat !

soledad juga sudah nyaman berhubungan dengan patrick. ia selalu membalas sms patrick dengan antusias.. tak pernah sekalipun ia mengabaikan sms-nya. bahkan ketika kuliah, soledad selalu tak konsen dengan apa yang diterangkan oleh dosen.. karena sibuk ber-sms-an sama patrick.

soledad semakin penasaran dengan diri patrick. ia sudah berbulan-bulan sering berhubngan lewat sms dan facebook. tapi, ia tak pernah bertemu secara langsung. karena saking penasarannya, soledad meminta untuk ketemuan dengan patrick secara langsung.

dengan berkata "iya" , patrick menyetujui rencana soledad. soledad yang mengatur semua tempat dimana mereka bertemu dan jam berapa ia sampai disana. patrick cuma bilang , iya dan iya..

ketika waktu yang ditunggu-tunggu soledad untuk bertemu patrick telah tiba, soledad sangat gugup setengah mati. ia berusaha mempercantik dirinya. tapi, tak lupa dengan ciri khasnya, rambut keriting yang dibiarkan terurai, kaca mata hitam yang membingkai mata sipitnya.. serta cardigan hijau dipadu kaos bergambar hello kitty , dan rok rumbai-rumbai bermotif bunga-bunga kecil dan renda yang membuat rok itu.. ah, menurut soledad ini sangat bagus. gaya nyentrik soledad yang berbeda dari yang lain, dan inilah yang menjadi ciri khas soledad yang sering kali, orang-orang berpikir "soledad orang aneh" . soledad pun balik berpikir, "anehnya dari mana?"

ah.. orang memang berbeda-beda ya.

disebuah warteg langganan soledad, ia menunggu kedatangan patrick. tak lupa ia memesan jeruk anget kesukaanya. jantungnya berdegup kencang. tak sabar pengen melihat patrick. ah.. di foto profilnya aja keren banget, apalagi aslinya.. pastilah berkali-kali lipat lebih keren ! hihihi.. soledad cekikian membaca pesan masuknya yang rata-rata dari patrick.

soledad menoleh dengan gerakan slow motion, ketika ada tangan menyentuh pundaknya. laki-laki. dan dengan tatapan-nya , laki-laki itu tersenyum memperlihatkan giginya yang putih rapih.
kemudian seberkas cahaya membuat soledad memicingkan matanya. cahaya itu muncul dari jidat laki-laki itu yang notabene, lebar ! dan soledad langsung menyadari bahwa laki-laki itu, botak !

soledad terbengong melihat apa yang terjadi dihadapannya. seorang laki-laki botak,dan kira-kira berumur 30an, menyenuh pundaknya dan tersenyum ramah kepadanya. soledad langsunng mengucek mata, benarkah ini patrick.. BENARKAH ?

patrick langsung mengulurkan tangan dan memperkenalkan diri.. "aku patrick.."
dengan hati yang sedikit mangkel karena tidak sesuai harapan.. soledad dengan enggan menjabat uluran tangan patrick, "soledad.." dan tak lupa,senyum yang sedikit dipaksakan mengulas di bibirnya.

ini kenyataan yang sangat pahit. bagaimana bisa, di foto facebooknya patrick terlihat sangat keren dengan gaya cool seperti mario maurer. dan tentu saja, di foto itu.. patrick mempunyai rambut dikepala. sedangkan ini? dihadapannya.. tak ada sehelaipun rambut tumbuh dikepala patick. botak plontos !

soledad merasa sangat risih dengan apa yang terjadi. soledad merasa tertipu !

patrick berceloteh panjang lebar. tapi, soledad tidak mendengarkannya dengan seksama. karena ia sibuk mengutuk dirinya sendiri.. karena terlalu cepat percaya dengan "kepalsuan"

kemudian kalimat yang sangat sakral terucap dari mulut patrick "selama ini, aku sangatlah nyaman bersama mu sole.. bagaimana kalau kita melanjutkan hubungan kita kepada sebuah komitmen yang pasti.. emm.. kita berdua, bisa saling melengkapi gitu..? bagaimana? "

"apa ? kau bilang, komitmen ? maaf ya.. aku tidak mau berkomitmen dengan seorang penipu !" soledad sarkastik menumpahkan apa yang memenuhi ubun-ubunnya.

"maksud kamu? penipu bagaimana ? aku jujur apa adanya.. selama ini, hubungan kita.. sudahlah sangat jauh.. akan lebih baik kalau
brujung dengan komitmen. aku sudah mengenal kamu, dan kamu juga sudah mengenal aku kan? sekarang apa masalahnya?" patrick mencoba menjelaskan .

soledad sangat geram dengan patrick.

"jujur apanya? di facebook jelas-jelas fotomu sangan keren, dan.. tentu saja, kamu punya rambut. tapi sekarang?" ah.. soledad tak berpikir panjang denga apa yang diucapkannya. keluar begitu saja. entah itu menyinggung perasaan patrick apa enggga. yang jelas, soledad sangat geram karena merasa dirinya menjadi korban kasus penipuan identitas !

"ah ituu.." patrick kehilangan kata-kata ketika mau menjelaskan apa yang terjadi. di foto facebooknya, memang ia sengaja memasang foto artis untuk mewakili akunnya. tak ada alasan lain bagi patrick memakai foto itu, karena patrick kurang pede dengan apa yang ia miliki. tapi.. patrick tdak mungkin menjelaskan apa alasannya ini kepada soledad. karena bagi patrick, ini alasan yang sangat gak jelas !

"kenapa ? gak bisa jawab ? jangan-jangan kamu juga memasang tahun lahir palsu juga di akun facebookmu !!" soledad menghujam patrick dengan pertanyaan-pertanyaan yang membuatnya terpojok.
"tahun lahir..? ah itu iyaa.. sebetulya.. ehmmm.. ah sudahlah, gak perlu membahas tahun lahir.. yang penting untuk sebuah komitmen kan sikap dan perilaku.. soal umur, sudahlah.. jangan dipermasalahakan ?" patrick bersikukuh untuk mempertahankan keinginannya , dengan berkomitmen dengan soledad.

tapi soledad sudah terlanjur marah. dengan kejam, ia meninggalakan patrick sendiri di warteg itu. patrick berusaha menahannya, tapi gerakan tangan soledad sangatlah kuat. langkah kaki dipercepat keluar dari warteg itu. dongkol, kecewa.. semua bergelayut di pikiran soledad.
bisa-bisanya soledad jatuh cinta dengan seorang penipu identitas ! ahhhh.. soledad sangat marah dengan dirinya sendiri. karena sikapnya yang terlalu percaya dengan apa yang belum diketahui secara pasti. sebagai pelajaran saja, ini tidak boleh terulang kembali . anggap saja ini pelajaran. untuk kedepannya soledad harus bisa berhati-hati supaya tidak jatuh cinta dengan.. seseorang yang asing di dunia maya !




sekian.
Jumat, 09 Maret 2012

tentang galau


Kali ini aku mau memposting galau-galauan. Ada yang bilang gak galau gak gaul. Padahal, galau berarti rasa resah yang menghampiri setiap manusia ketika mendapati masalah dan tidak tahu cara menyeleseikan masalah tersebut ! dan perasaan ini sungguh tidak enak bila dialami. Mau makan aja kepikiran terus, saking lamanya memikirkan itu.. ujung-ujungnya kaga jadi makan ! mau belajar, kepikiran lagi..  gak jadi belajar ! nah, galau itu sangatlah tidak menyenangkan !
Menghambat proses berpikir kita untuk berpikir secara waras. Menunda kita untuk mengerjakan apa yang sudah menjadi hobi kita.
Kita suka baca buku, tapi ketika galau , kita pasti susah akan fokus sama buku yang kita baca. Yaaah.. kecuali kalo kamu berniat tulus ikhlas untuk membaca buku demi meredakan galau, pasti bisa kok konsentrasi.. tapi setelah berlembar-lembar halaman kita babat habis, tiba-tiba tanpa ada unsur kesengajaan, masalah yang membuat kita galau datang menghampiri. Dan akhirnya kita menyetop melakukan hobi kita itu.

Hahahaha galau itu susah ya.
Cara alternatif lain yang dilakukan orang untuk meredakan galau adalah, update status !  berharap orang-orang mengetahui kalau dirinya sedang galau. Bisa diambil sisi positifnya, bila kita update status yang menyatakan bahwa diri kita sedang galau, berharap ada orang yang mengomentari status kita dan ngasih petuah-petuah supaya kita gak galau lagi.. yippii.. demen deh ama komenan kaya gini..
Ada juga yang mengupdate status galau, tujuan jelas.. menyindir orang yang telah membuat kita galau ! hahaha.. banyak sekali yang melakukan hal kaya gitu.. yah, wajar kok.. namanya juga manusia. Jangan berkecil hati.. (apadeh?)

Nah itu menurutku saja, pendapatku !

kalo menurutku sih gak perlu galau lah untuk jadi anak gaul. hahaha


Tidak usah banyak kata.. kataku sudah terkuras habis, dan..
Sekian.
Kamis, 08 Maret 2012

plin-plan


Kalau aku memutuskan sesuatu, pasti ada alasannya dibalik keputusanku itu !
Semua yang ku lakukan ada alasan tersendiri. Menurutku itu benar. Yah, ada orang yang beranggapan bahwa ini sangatlah tidak pas untuk ku. Tapi , bila menurutku ini benar.. so why ? ini kan hidupkuu..
Mencoba mengingkari sikap –plin-plan- , nah suliiit nya ya Allah , ya Rab..
plin-plan berarti tidak punya pendirian. Detik ini jawabannya A , beberapa detik lagi berubah jadi B.. ah , aku mengalami seperti itu. Dan , aku sangatlah bingung dengan sikapku itu yang belum berani mengambil keputusan secara tegas tanpa berpindah-pindah lagi.
Aku mengaku salah, karena awalnya bilang A. tapi setelah berhari-hari berlalu , kemudian aku merubah pikiran menjadi B.
Karena aku ada alasannya untuk merubah A menjadi B. dan aku mencoba menjelaskan alasan kepadamu kenapa aku berubah pikiran.. ku harap kamu mengerti !
Semoga semoga dan semoga, aku bisa menghilangkan sikap plin-plan ku ini !

me-lu-pa-kan


Haaaah.. apa-apaan aku ini.. hahahaha tampar pipi kiri-kanan. Plaaaaakkkk !!!! auuh.. dan betapa sakitnya tamparan itu. Oke setidaknya tamparan itu menyadarkanku oleh beberapa hal yang tak ku ketahui sebelumnya.
Emm.. masalah yang sama, seperti tahun lalu.. dan , sepele sih.. cuman melupakan saja kok. Dan tahu gak, betapa sulitnya untuk mencoba melakukan itu ! me-lu-pa-kan . kalo di eja sih memang gampang yaaa.. nah, kalo dilakukan ? berat ? seperti menyeret kaki yang telah lama mati rasa. Hahahaha.. berkutat dengan kata “melupakan” memang sangat sesuatu sekali.. ini masalah serius yang dampaknya bertahun-tahun.. yah, mungkin , ngomong doang itu gampang “udah deh lupakan saja, toh ntar dibalik kesusahan itu ada kebahgian kook.. Cuma waktu yang bisa menjawab” nah, beberapa orang yang mungkin mengakui dirinya bijak pasti bilang begitu untuk menanggapi orang yang tengah galau dan curhat kepadanya. Hey.. “lupakan saja?” tidak semudah ituuu..
Banyak sekali orang didunia ini yang sulit untuk me-lu-pa-kan sesuatu yang sangat berarti di kehidupannya. Kadang perlu beberapa tahun untuk berhasil dalam proses me-lu-pa-kan ini. Entah itu meupakan seseorang, atau benda yang sangat disayanginya.. yah, susah..
Semua ini gak ada yang gampang. Sekuat apapun kamu mencoba untuk me-lu-pa-kan , pasti kadang terbesit sedikit akan sesuatu itu..
Gak akan bisa deh lupa 100% , kecualiii… terkena amnesia akut yang memaksamu untuk menghilangkan seluruh memori yang ada diotak. Dan akan menimbulkan kehidupan yang baru.. mungkin seperti terlahir kembali !
Orang yang tengah dalam kegalauan dengan me-lu-pa-kan , pasti berharap ingin amnesia mendadak ! hahaha.. dan itu hanya pikiran pendek saja, ceplosan.. tapi setelah beberapa detik kemudian, ia akan menarik perkataannya barusan..
Intinya sajalah, jalani dulu apa adanya.. soal lupa melupakan, biarlah ia menjadi bagian di dirimu, supaya hidup ini tidak datar ! because.. life is never flat !
Biarlah menjadi sensasi tersendiri dalam melangkah di bumi yang kelihatannya datar, eee ternyata bulat… 

Search